03 Juni 2009

LAYANAN PAUD “MELATI 8 ” DWP PUSVETMA




Sesuai dengan Program Kerja DWP Pusvetma 2006-2009 ,dibidang Pendidikan,DWP Pusvetma senantiasa berusaha melakukan penguatan kelembagaaan di TK ELVEKA dan dibidang Sosial Budaya adalah mengupayakan adanya pengembangan Posyandu yang terintegrasi dengan Paud .

Pemerintah melalui Direktotarat Pendidikan Anak Usia Dini Dept Diknas ,mulai menggalakkam program tsb yang sudah dirintis sejak dari th 1984. Pemerintah mulai sadar bahwa membangun SDM yang bermutu tidak seperti membalikkan telapak tangan tetapi melalui penjenjangan waktu dan harus dimulai sejak usia dini dan telah ditegaskan dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1999 .Untuk mengoperasiakan GBHN tersebut,telah diterbitkan UU No 3 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional , yang dalam salah satu pasalnya ditegaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun,dalam bentuk upaya pembinaaan yang ditujukan pada anak usia dini yang dilakukan melauli pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan dasar dan kehidupan pada tahap berikutnya Pendidikan anak usia dini (PAUD) ,juga didasari penelitian beberapa ahli Psikologi , yang meyimpulkan bahwa perkembangan intelektual terjadi sangat pesat pada tahun-tahun awal kehidupan anak .

Usia 0-4 tahun pertama adalah adalah masa yang paling menggemaskan . dalam rentang usia ini perkembangan anak sangat pesat,baik pertumbuhan phisik maupun mentalnya, bahkan menurut penelitian para ahli , perkembangan intelegensia anak diusia ini mencapai 50 % ,masa inilah yang disebut “Golden Age” , tambahan 30 % lagi pada usia delapan tahun ,dan 20 % sisanya pada pertengahan akhir dasa warsa tahun kedua. Oleh karenanya pada masa“ Golden age “ ini selain asupan gizi yang cukup dan layanan kesehatan yang baik,stimulant intelektual-spiritual amat diperlukan bagi perkembangan anak selanjutnya,karena nantinya dia akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab atas diri sendiri,keluarga dan masyarakat.Paradigma baru PAUD memunculkan pendekatan Holistic, bahwa seorang anak hendaknya dipandang sebagai individu yang utuh, sehingga memerlukan pelayanan yang menyeluruh ,disamping aspek phisik,dan psikis ,diperlukan juga penanganan dari pihak keluarga, masyarakat dan pemerintah.Menurut Ilmu Filsafat diyakini bahwa setiap anak lahir mempunyai lebih dari satu bakat. Untuk itu perlu dikembangkan potensi-potensi yang ada pada diri seorang anak , dengan cara memberikan kebebasan pada anak untuk mengekspresikan diri ,berkreasi dan menggali keunggulan- keunggulan yang tersembunyi . Dengan demikian paradigma baru PAUD berorientasi pada student center,pada anak itu sendiri dan bukan pada guru pengasuhnya.

Sedangkan realitas di masyarakat menunjukkan kesadaran akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini sangat minim. Mereka seringkali mengabaikan hak-hak anak yang seharusnya diberikan pada usia tersebut, khususnya pendidikan . Selain itu fenomena sekarang juga menujukkan tingkat ekonomi yang pas-pasan dan biaya Pendidikan Anak Usia Dini juga cukup mahal ,juga menjadi pemicu dalam terabaikannya hak-hak tersebut terhadap anak , sehngga banyak anak usia dini belum mendapatkan layanan pendidikan secara layak dan bermutu.
Berangkat dari fenomena tersebut kami DWP Pusvetma,pada tahun 2007 mulai merintis kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) “ MELATI 8 “ ,sebagai penguatan kelembagaan TK ELVEKA,untuk menyiapkan anak usia dini sebelum masuk TK (Pra TK) dan pengembangan dari Posyandu “Melati 8” RW 8 RT Khusus Pusvetma Kel Ketintang Kec Gayungan Surabaya supaya menjadi Posyandu yang terintegrasi dengan PAUD .
Layanan Paud ini telah kami resmikan pada tanggal 27 Oktober 2007 ,oleh Penasihat DWP Pusvetma Bp Drh Harry Besar Sosiawan SU.







RINTISAN PROGRAM
KELOMPOK BERMAIN “ MELATI 8 “

Tidak ada komentar: